LKS SMK seKaltim 2011 telah berakhir, Balikpapan di urutan ke dua setelah Samarinda

8 05 2011

Udin (tengah) juara 1 Bidang Lomba Mesin Produksi dari SMKN 1 Balikpapan

Sekolah Menengah Kejuruan ( SMK ) sebagai lembaga formal yang mendidik siswanya untuk mampu menjadi seorang tenaga kerja yang handal, cerdas, kompetitif dan mampu bersaing, dibutuhkan pemantapan ilmu dan skill yang betul-betul teruji. Untuk mengukur kemampuan yang sudah dipelajar di sekolah vocational tersebut, pemerintah menggelar sebuah ivent lomba yang diperuntukkan khusus buat pelajar SMK. Ivent tersebut bernama Lomba Ketrampilan Siswa ( LKS ).

Lomba Ketrampilan Siswa ( LKS ) SMK yang diselenggarakan di Samarinda 3-5 Mei 2011, tidak hanya berfungsi sebagai wahana ajang promosi siswa SMK melainkan juga sebagai arena unjuk kemampuan penguasaan Iptek generasi muda. Adanya keterlibatan pihak pengguna tamatan SMK dalam menyusun materi soal dan juri lomba menjadikan kegiatan ini sebagai pembuktian kesesuaian standar kompetensi yang dimiliki siswa SMK dengan kualifikasi dunia kerja.

LKS saat ini adalah penyeleksian siswa-siswa terbaik yang para pemenangnya akan menjadi duta untuk mewakili dipentas nasional. Penyelenggaraan LKS, dimulai dari lomba tingkat sekolah, tingkat kabupaten/kota, tingkat propinsi, hingga tingkat nasional (red:23-29 Juni). Jika menang ditingkat nasional, pelajar berprestasi tersebut juga akan menjadi wakil Indonesia menuju Asean World Competition (AWC). Melalui LKS ini diharapkan terjadi suatu kompetisi positif antara peserta sebagai salah satu usaha dalam menuju standarisasi kompetensi tamatan yang bermuara pada kualifikasi industri (industry driven), dan memacu SMK untuk lebih meningkatkan kualifikasi kegiatan belajar mengajar.

LKS SMK juga merupakan ajang lomba yang sangat bergengsi di kalangan SMK.Jadi yang ikut betutl-betul orang terbaik dari yang terbaik di sekolah/daerah. Melalui LKS inilah, SMK menunjukkan kemampuan dan penguasaan para siswanya atas kompetensi pada masing-masing Program Keahlian yang dipelajari.  Disamping itu LKS  juga merupakan ajang promosi kompetensi siswa SMK kepada Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI), sehingga DUDI lebih memahami dan mengenal kompetensi lulusan SMK, dengan harapan pada saat membutuhkan tenaga kerja, DUDI akan mudah memilih sesuai dengan kompetensi kebutuhan tenaga kerja yang diinginkan.

Lain dari itu, LKS akan dapat memberikan dorongan dan kesempatan bagi siswa untuk berkompetisi positif dan konstruktif, baik dalam skala regional, nasional, maupun internasional sehingga dapat menumbuhkembangkan kebanggaan profesi di sekolah. Juga memacu siswa SMK lebih bersikap kompetitif, positif, jujur, dan percaya diri.

Para Pembimbing duduk lesehan saat menunggu siswa asuhnya berlaga karena panitia (POlnes) tidak menyediakan ruangan

LKS SMK (Teknologi) yang dilaksanakan di Polnes Samarinda tahun ini terlihat cukup fair dan benar-benar tampak adanya bakat dan kemampuan peserta dari masing-masing daerah yang dalam hal ini ditunjukkan dengan adanya sang jawara yang merata disetiap kota/kabupaten.   Namun demikian, pihak panitia (Polnes) perlu melakukan evaluasi atas pelaksanaan lomba tersebut terutama dalam hal penyiapan peralatan untuk peserta, pihak Polnes Samarinda terkesan apa adanya tanpa adanya persiapan yang matang. Ketika salah satu peserta bertanya kepada pihak panitia (Polnes) yang berkaitan dengan lomba, mereka menjawab/mengatakan: “Kemarin kami baru mendapat kepastian dari Dinas Provinsi sehingga kami hanya mempersiapkan segala sesuatunya dalam waktu satu hari”.

Hasil Lomba dapat dilihat disini Keputusan Dewan Juri lks 2011


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s