Penyerahan Mesin CNC dan LCD Proyektor

31 03 2011

BALIKPAPAN – Cita-cita Pemkot Balikpapan untuk menjadikan Balikpapan sebagai kota vocation (kejuruan) bukan hanya dicanangkan. Tetapi harus diiringi dengan pemantapan sumber daya manusia (SDM)-nya. Karena itulah, siswa SMK minimal harus mempunyai 2 keterampilan.

Demikian disampaikan Wali Kota Balikpapan Imdaad Hamid Selasa (29/3) saat menghadiri penyerahan Computer Numerical Control (CNC) di SMKN 1 Balikpapan. Sebab, kata Imdaad, kota Balikpapan harus dicanangkan menjadi kota industri, jasa, perdagangan dan pariwisata. Banyak tenaga kerja terampil yang dibutuhkan nantinya. Karena itulah, SMK harus menyiapkannya dari sekarang.

Jangan sampai siswa SMK hanya punya 1 keterampilan. Nanti begitu ada Putus Hubungan Kerja (PHK), kata Imdaad, lulusan SMK bisa mencari pekerjaan lain. “Tidak seperti sekarang, begitu di PHK pekerja langsung demonstrasi. Karena tidak ada yang mereka bisa lakukan lagi, selain berdemo,” kata Imdaad.

Karena itulah, perlu adanya penyesuaian kurikulum dengan kebutuhan industri yang beroperasi di Balikpapan dan sekitarnya. Wakil Kepala SMKN 1 Balikpapan Syamsul Aematiz Zarnuji mengatakan, pemerintah saat ini sangat memperhatikan SMK dan Poltek untuk pendidikan tinggi kejuruan.

Program kejuruan yang sedang digalakkan saat ini, yaitu teaching factory. Karena SMK tidak bisa menerapkan seratus persen, maka dibuatlah program yang mendekati itu. “Salah satunya CNC dari pemerintah pusat yang dirakit oleh SMKN 1 ini,” kata Syamsul.

CNC adalah suatu perangkat kerja pabrikasi logam yang dikontrol menggunakan komputer. CNC hasil rakitan SMKN 1 ini diserahkan ke SMK se-Kalimantan. Begitu pula dengan LCD projector rakitan SMK N 2. Ini diserahkan ke SMK se-Kaltim. (jaz)

source : KaltimPost


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s