ATA, SATA, SCSI

16 02 2011

1. HDD IDE/ATA
Hardisk IDE/ATA disebut juga parallel ATA (PATA). Karena paralel penggunaan kabelnya banyak, yaitu kabel IDE (Integrated Drive Electronics). ATA (Advanced Technology Attachment) memiliki standar yaitu ATA-1 s/d ATA-7 dimana standar ATA-1 diperkenalkan pada tahun 1986. Standar ATA hanya mengizinkan panjang kabel sampai dengan 46 sentimeter (18inchi) walaupun kabel sampai dengan 91 cm (36 in) dapat dibeli.
2. HDD SATA
HDD SATA atau Serial ATA dirilis pada tahun 2002, interface yg jauh lebih ramping dibanding IDE/ATA. SATA menyederhanakan penggunaan peripheral storage sehingga setiap kabel hanya dapat dihubungkan dengan satu piranti. Kelebihan utama lainya dari HDD SATA adanya peningkatan bandwith dari 100MB/s menjadi 150MB/s. Selain memaksimalkan transfer rate dari peripheral storage per kabel, SATA juga akan menyederhanakan instalasi, karena tidak perlu mengkonfigurasikan harddisk sebagai master.
SATA II dirilis pada tahun 2004, mampu melakukan transfer rate maksimum dari 300 MB/s hingga 600 MB/s dengan dukungan Native Command Queing ( NCQ ) yg merupakan salah satu fitur yang diadopsi dari standar SCSI ( Small Computer System Interface ) untuk mengoptimalkan bandwidth tambahan. NCQ sendiri merupakan mekanisme di dalam harddisk yang memungkinkan perintah-perintah yg baru diantrikan dengan perintah-perintah yg sedang dijalankan. Dengan begitu untuk mengeksekusi perintah, harddisk tidak perlu lagi melakukan putaran yg terlalu banyak. Hasilnya waktu akses akan semakin cepat dan performa akan dapat meningkat.
3. HDD SCSI
SCSI ( Small Computer System Interface ) dibaca skasi awalnya bernama SASI ( Shugart Associate System Interface ). SCSI banyak digunakan untuk koneksi dalam Server.
a. SCSI-1 memiliki dua macam kecepatan yaitu : 3.5 MB/detik atau 5 MB/detik, keduanya bekerja secara asinkron. Panjang kabelnya dapat mencapai 6 meter.
b. SCSI versi 2 diluncurkan pada tahun 1989. SCSI versi 2 ini ada 2 varian yaitu :
1. Fast SCSI : memiliki kecepatan 10 MB/detik, 8 bit bus width 2. Wide SCSI : memiliki kecepatan 20 MB/detik, 16 bit bus width
c. SCSI versi 3 muncul dengan 2 varian yaitu : 1. Ultra SCSI menggunakan bus width 8 bit 2. Ultra Wide SCSI menggunakan bus width 16 bit
Kedua varian ini memiliki 2x lebih cepat dari versi sebelumnya. Tetapi versi ini belum stabil.


Aksi

Information

5 responses

16 02 2011
nurhamsari

ooo, pantesan td ga dijawab, ternyata jwabannya lewat blog toh !
thanks ya pak🙂

18 02 2011
aris

sama2 ri….tapi dikit2 az y…..yg penting nambah pengetahuan….

16 02 2011
putra indra

yg router kpan pak postingnya ………???

21 02 2011
aris63

sabar y…..ntar sy up load….meski itu materi di klas 2…..

8 03 2011
arofah

ajarin dong pak?????

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s