Binatang Tercepat

8 01 2011

Planet kita ini penuh dengan hal-hal menakjubkan, yang dapat dikategorikan menjadi tertinggi, terdalam, terbesar, terkecil, dan bahkan tercepat. Pada kenyataannya, adalah ‘tercepat’ mungkin kata sifat yang paling populer di kalangan ini. Kecepatan selalu terpesona umat manusia, tak heran kita menjadi gila tentang mobil tercepat, pesawat tercepat, tercepat manusia dan bahkan hewan tercepat di dunia. Ketika kita berbicara tentang hewan tercepat di Bumi, kriteria atas dasar yang kita seharusnya memilih pemenang sering membuat kita dalam dilema. Tambahkan ke kenyataan bahwa kerajaan Animalia terdiri dari ribuan spesies hewan, yang datang dalam segala bentuk dan ukuran, dan tugas menjadi lebih sulit.

Hal ini berarti tenaga di dunia fauna berbeda dengan satu spesies yang lain. Sedangkan hewan darat berjalan atau berlari, hewan laut berenang dan burung terbang. Ketika kita mencoba untuk mencari tahu yang merupakan binatang tercepat di dunia, kita perlu mengambil semua alat penggerak menjadi pertimbangan. Dimasukkannya burung mungkin datang sebagai kejutan bagi banyak orang, tapi jangan lupa bahkan mereka adalah anggota kerajaan Animalia. Mengingat di bawah ini adalah rincian dari hewan tercepat di darat, air dan udara. Pada saat Anda selesai dengan daftar ini, Anda akan mengetahui siapa yang mendapat julukan menjadi hewan tercepat di dunia.

Cheetah: Hewan Tercepat di Darat

Kecepatan Cheetah

Mungkin sudah tidak asing lagi bagi Anda bahwa Cheetah mempunyai julukkan binatang tercepat di dunia yang mana Cheetah memiliki kecepatan lari mencapai 70 mil/jam atau setara dengan 115 km/jam. Dengan percepatan 0-60 mil/jam dalam 3 detik, Cheetah lebih cepat dari sejumlah besar mobil sport di dunia saat ini. Struktur tubuh Cheetah mempunyai peranan penting membantu mereka dalam melakukan manuver lari cepat. Habitat Cheetah mencakup seluruh dataran Afrika dan Asia barat daya, yang kebetulan habitat hewan tercepat kedua di planet ini yaitu – Kijang, dengan kemampuan dalam hitungan jam mencapai 50 mil per jam atau setara dengan 80km/jam. Yang cukup menarik, cheetah dan rusa berbagi hubungan predator-mangsa di habitat alami mereka.

Sailfish: Hewan Tercepat di Lautan

Sailfish

Pengetahuan kita tentang biota laut terbatas karena berbagai faktor yang mendasari. Sebagai akibatnya, sulit untuk mengukur kecepatan berbagai hewan yang menghuni di dalam air. Sampai sekarang, bagaimanapun, belum ada penemuan seperti itu. Ikan tercepat di dunia menurut Guinness Book of Records adalah sailfish yang ditemukan hampir di semua samudra dunia. Mereka mempunyai kecepatan berenang mencapai 68 mil per jam, hampir mendekati kemampuan Cheetah. Sebelumnya ada laporan tentang spesies ikan layar dengan kecepatan renang 70 mil/jam yang membawa mereka setara dengan binatang darat tercepat, keaslian laporan tersebut masih dalam penelitian. Ikan yang tercepat kedua di dunia adalah spesies marlin hitam, dengan kecepatan rata-rata 50 mil/jam.

Elang Peregrine : Hewan Tercepat di Udara

Elang Peregrine

Dengan lebih dari 10.000 spesies burung mendiami planet ini, kita tidak mampu untuk meninggalkan makhluk-makhluk ini dalam pencarian kita untuk mengetahui yang merupakan hewan tercepat di Dunia. Hal ini mungkin mengejutkan bagi banyak orang, tapi hewan tercepat di planet ini sebenarnya adalah burung – Falcon Peregrine. Mungkin Anda akan merasa terkejut membaca berita ini, namun faktanya Falcon Peregrine memiliki kemampuan luar biasa dengan clocking speed 200 mil/jam atau setara dengan 320 km/jam di udara. Itu membuat hampir tiga kali lebih cepat dari cheetah, yang membanggakan menjadi hewan darat tercepat dengan kecepatan 70 mil/jam. Elang Peregrine menggunakan kecepatan yang luar biasa sebagai senjata untuk berburu burung terbang. Itu juga merupakan burung pemangsa yang paling luas di dunia, dengan habitat yang mencakup seluruh planet, kecuali untuk beberapa daerah seperti daerah kutub dan hutan hujan tropis.

Adapun mitos yang selama ini kita dengar bahwa Cheetah adalah binatang tercepat di Dunia, hanya saja mungkin perlu lebih dilengkapi dengan medan gerak nya bahwa Cheetah  adalah hewan tercepat di darat sedangkan burung Falcon adalah hewan tercepat di udara. Jika Anda membatasi untuk hewan darat itu tidak diragukan lagi Cheetah adalah yang pertama, tetapi jika Anda memperluas definisi tersebut ke dunia fauna, maka julukkan hewan tercepat di dunia tersebut adalah hak sang burung Elang Peregrine.

Dikutip dari : http://www.tutorize.co.cc/fakta/hewan-tercepat-di-dunia.html


Aksi

Information

2 responses

1 01 2014
Edhy setiawan

Subhanalllah, Ciptaan Allah memang luar biasa,

4 04 2014
aris63

Allahu Akbar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s