PERSONAL PROTECTIVE EQUIPMENT

10 10 2010

 

Di masa lalu orang telah menggunakan personal protective equipment (PPE) selama berabad-abad untuk melindungi diri saat mereka bekerja, Misalnya :

  • Prajurit abad pertengahan dengan armor
  • Pandai besi selalu menggunakan baju dari kulit
  • Cowboy menggunakan celana kulit
  • Orang eskimo memakai parka tebal, gloves, dan sepatu boots
  • Pemadam kebakaran menggunakan jaket tebal dan helm khusus

 Personal protective equipment saat ini, seperti juga di masa lalu, membuat anda bekerja lebih aman dan produktif.

 Pelindung Mata Dan Wajah

 Mengapa pelindung mata dan wajah begitu penting

 Ribuan orang setiap tahun mengalami kebutaan karena kecelakaan. Cidera karena kecelakaan dapat dihindari, jika mereka menggunakan pelindung mata dan wajah.

 Struktur mata yang lembut

 Mata anda sangat lembut. Anda dapat menganggapnya sebagai layar monitor dari otak. Seperti juga kamera, mata anda dilengkapi :

  • Receptor yang “menangkap” pesan gambar yang anda lihat
  • Sebuah syaraf optik yang dianggap sebagai sebuah “kabel” terhubung ke sebuah,
  • Lensa yang memfokuskan cahaya
    • Sebuah lapisan iris yang mengontrol jumlah cahaya yang mengirimkan informasi dari receptor yang ada di dalam mata ke otak.

 Berbeda dengan kamera tv yang terbuat dari plastik dan logam, mata anda terbentuk dari syaraf lembut dan pembuluh darah. Mata anda rusak, maka anda dalam masalah besar. Dan masalah itu terkadang bersifat permanen atau untuk selamanya.

 Bahaya yang potensial

 Debu, Serbuk, Asap, dan Kabut

 Partikel-partikel kecil dari benda dapat masuk ke mata dan merusaknya. Pekerjaan seperti penggerindaan, pengetaman, pengampelasan, memalu, dan penyemprotan dapat menyebabkan partikel-partikel kecil beterbangan; dan dapat merusak mata.

 Gas beracun, Uap, dan Cairan

 Bahan kimia beracun dalam bentuk gas, uap, dan cairan dapat merusak mata. Bacalah selalu MSDS dengan benar sebelum bekerja dengan bahan kimia yang berbahaya.

 CATATAN        :    Pada beberapa proses pabrikasi menghasilkan gas, uap, dan cairan yang berbahaya. Tanyakanlah selalu pada supervisor anda atau safety manajer agar anda memahami  alat pelindung mata dan wajah yang dapat anda gunakan agar anda dapat bekerja dengan aman.

 Partikel dan benda-benda yang beterbangan

Pekerjaan seperti pengerindaan, pengetaman, pengampelasan, memalu, dan penyemprotan dapat menyebabkan partikel-partikel kecil beterbangan dan dapat merusak mata 

Benda-benda berukuran besar, misalnya:

  1. 1.   Rantai,  kabel dan tali yang berayun
  2. 2.   Peralatan yang dilemparkan atau jatuh
  3. 3.   Benda-benda tajam seperti pisau, gunting, pensil, dll
  4. 4.   Berjalan atau jatuh pada penghalang dapat merusak mata dan wajah anda.

 Peleburan logam

Pekerjaan yang melibatkan peleburan logam, jika tersiram, terpercik, atau menetes ke mata, dapat menyebabkan luka bakar yang parah yang mengakibatkan rusaknya jaringan syaraf pada mata. 

Bahaya sengatan listrik

Setiap kali anda bekerja disekitar peralatan listrik, maka terdapat potensi terjadinya percikan dan loncatan bunga api. Carilah waktu untuk berbicara dengan supervisor anda atau safety manajer sehubungan dengan jenis alat pelindung mata dan wajah yang harus digunakan jika anda bekerja di sekitar areal yang terdapat bahaya sengatan listrik.

 Bahaya panas dan radiasi

Pekerjaan yang melibatkan penggerindaan, pemotongan logam, bila anda bekerja di sekitar tungku perapian, menatap sinar ultraviolet, dan radiasi  infra merah dapat memaparkan mata anda pada panas. Hubungi supervisor anda atau safety manajer sehubungan dengan jenis alat pelindung mata dan wajah yang harus anda gunakan jika anda bekerja dengan jenis pekerjaan seperti ini.

Sinar laser

Sinar laser menciptakan potensi bahaya baru di tempat kerja. Karena terdapat jenis sinar laser yang berbeda maka hubungi supervisor anda atau safety manajer untuk menentukan jenis alat pelindung mata yang digunakan saat bekerja dengan sinar laser.

Langkah Perlindungan

Pelindung mesin

Banyak jenis mesin, seperti mesin bubut, gerinda, dan mesin amplas dilengkapi dengan pelindung, pembungkus dan tameng. Pastikan selalu bahwa perlengkapan tersebut terpasang dengan benar dan bekerja dengan baik, sebelum anda menggunakan jenis mesin-mesin tersebut. Dan jangan lupa menggunakan alat pelindung mata dan wajah.

Penutup/penghalang areal kerja

 Pengerjaan seperti pengampelasan bangunan, penggerindaan, pengelasan, dan pembubutan menghasilkan debu, uap dan partikel yang beterbangan. Untuk melindungi pekerja lainnya, maka harus dipasang pelindung atau penghalang yang dapat dipindahkan untuk memisahkan pekerja dengan orang yang berada di sekitarnya agar bahaya bisa dihindari.

Ventilasi udara

Pekerjaan yang menghasilkan uap, gas, kabut, debu, serbuk, dan partikel lain yang beterbangan, maka tempat kerja harus diberikan ventilasi. Ventilasi, yang dipasang dengan sistem pembuangan  secara signifikan dapat mengurangi jumlah partikel yang beterbangan yang dapat membahayakan mata.

Pencahayaan

Pencahayaan yang baik adalah penting di tempat kerja. Hal tersebut mengurangi kelelahan pada mata dan sinar yang menyilaukan. Selain itu juga menunjang keselamatan dan meningkatkan produktifitas kerja

 Simbol dan Tanda Peringatan 

Penghalang dan benda yang tersembul harus diidentifikasi dan diberi tanda. Patuhilah tanda peringatan saat anda melewati benda-benda penghalang atau peralatan dengan bagian tersembul.

Praktek Kerja yang Aman

Saat anda bekerja, maka :

  • Baca dan ikutilah/patuhilah semua tanda peringatan dan larangan yang dapat dijumpai pada peralatan dan bahan-bahan yang berbahaya
  • Jangan melemparkan peralatan sembarangan / berserakan
  • Jauhkan bagian tajam atau ujung benda dari  mata anda
  • Ikutilah perintah dan anjuran dari supervisor anda safety manajer untuk bekerja dengan aman.

Tempat membasuh mata dalam keadaan darurat

Eyewash station harus ditempatkan dengan jarak 100 kaki dari tempat kerja anda. Jika secara tidak sengaja mata anda kemasukan benda, maka anda harus langsung pergi ke eyewash station dan bersihkan mata anda dengan air selama 15 menit. Pastikan anda menahan mata anda dengan jari dan “menatap” langsung ke aliran air. JANGAN MENGUSAP MATA ANDA! Mengusap mata dapat menyebabkan goresan  atau menempelnya partikel kecil pada mata. Setelah anda membasuh mata anda dengan air maka carilah bantuan medis.

PERINGATAN          :    Untuk beberapa jenis bahan kimia adalah reaktif dengan air pembersih dan dapat menjadi racun bila bercampur dengan air.  Kenalilah  MSDS untuk semua bahan kimia yang digunakan di tempat kerja anda.

Alat Pelindung Diri (Personal Protective Equipment)

Kaca mata Safety 

Kaca mata safety mungkin yang paling banyak digunakan sebagai pelindung mata. Meskipun kelihatannya sama dengan kacamata biasa, namun kaca mata safety lebih kuat dan tahan benturan serta tahan panas dari pada kaca mata biasa. Tidak hanya itu saja, hampir semua kaca mata safety dirancang dengan pelindung samping yang melindungi dari bahaya yang datangnya tidak langsung dari depan anda. Kaca mata safety tersedia baik untuk anda yang memerlukan lensa khusus atau biasa. Dan terdapat juga berbagai jenis kaca mata safety yang sesuai untuk berbagai jenis pekerjaan, dan harus memiliki sertifikasi Z-87. 

Pelindung Wajah

Pelindung ini memberikan perlindungan menyeluruh pada wajah anda dan sering digunakan pada kegiatan  dimana terdapat percikan bahan kimia, obyek yang beterbangan atau cairan besi. Banyak dari pelindung wajah ini dapat digunakan bersamaan dengan penggunaan helm. 

CATATAN     : Anda tetap harus menggunakan safety glass atau goggle saat menggunakan pelindung wajah sebagai pelindung tambahan. Pelindung wajah saja TIDAK cukup untuk melindungi mata.

 Helm Pengelas

Helm ini memberikan perlindungan baik pada wajah dan juga mata. Helm ini menggunakan lensa penahan  khusus yang menyaring intesnsitas cahaya serta energi panas yang dihasilkan dari kegiatan pengelasan. Seperti halnya pelindung wajah, maka penggunaan helm ini juga harus disertai dengan penggunaan safety glass atau goggle.

Lensa Penahan

Meskipun anda bukan seorang welder, terdapat juga beberapa jenis lensa yang berbeda yang dapat anda gunakan untuk safety glass dan goggle. Lensa tersebut memberikan perlindungan tambahan bila anda harus bekerja pada cahaya yang silau atau menyorot.

Goggle

Goggle memberikan perlindungan yang lebih baik dibandingkan safety glass sebab lebih menempel pada wajah anda. Goggle juga lebih menutup area sekitar mata yang lebih melindungi anda apabila memasuki area yang terdapat percikan cairan, asap, serbuk atau debu. Tersedia juga tipe goggle yang berbeda dan harus terdapat indikasi pada goggle.  Contohnya goggle untuk menahan percikan bahan kimia harus digunakan sesuai tujuannya.

Perawatan Equipment Pelindung Mata

Bersihkanlah pelindung mata anda. dengan menggunakan sabun halus dan air. Anda dapat juga menggunakan kain khusus yang didesain untuk membersihkan alat pelindung mata tersebut. Jangan pernah menggunakan sabun keras, kertas yang kasar atau handuk. Barang-barang tersebut akan dapat menimbulkan goresan atau kerusakan.

–          Jagalah selalu pelindung mata anda dalam kondisi yang baik dan siap untuk dipakai, bila mengalami  kerusakan, perbaikilah atau gantilah.

–          Simpanlah pelindung tersebut ditempat yang aman,    bersih, sejuk dan jauh dari kelembaban.

–          Bacalah petunjuk dan peringatan pabrik sebelum  menggunakan alat pelindung mata.

Bila anda menggunakan lensa kontak, ingatlah akan beberapa tip keselamatan ini. 

–          Jangan menggunakan lensa kontak saat menggunakan ‘full face respirator’.

–          Gunakanlah kontak anda secara berhati-hati pada saat anda bekerja, diareal yang terdapat asap, debu, serbuk, percikan bahan kimia, serpihan besi, cahaya dengan intensitas tinggi (sorotan atau silau).

–          Bila terdapat sesuatu pada kontak anda, ambilah waktu untuk melepaskan dan membersihkannya.

–          Beberapa bahan kimia dapat bereaksi dengan lensa kontak dan mengakibatkan cidera yang permanen.

Pemeriksaan mata

Sadarlah bahwa anda hanya memiliki dua bola mata dan anda harus menjaganya seumur hidup anda.

Seperti halnya umur anda, maka mata andapun akan mengalami perubahan. Perubahan tersebut dapat mempengaruhi keselamatan anda dalam bekerja dan saat di rumah.

Sehingga akan sangat baik bagi anda apabila memeriksakan mata setiap tahun.

 Pelindung Pendengaran

Kebisingan di tempat kerja

Kebisingan merupakan permasalahan yang sering terjadi di berbagai tempat kerja. Penelitian menunjukkan tingginya tingkat kebisingan dapat merusak pendengaran.

Hilangnya pendengaran terjadi dalam proses bertahap, dan kurang begitu tampak dibanding dengan jenis kecelakaan di tempat kerja lainnya.

Namun dapat menjadi kecacatan seumur hidup bagi yang mengalaminya.

Mengapa perlindungan terhadap pendengaran begitu penting ?

Alat pelindung pendengaran merupakan hal penting karena telinga tersusun dari jaringan yang sangat lembut. Kapanpun suara dihasilkan, udara dirubah menjadi gelombang suara.

–          Suara dikumpulkan & disalurkan ke gendang telinga.

–          Saat gelombang suara mengenai gendang telinga maka akan bergetar dan mengirim suara ke bagian tengah telinga.

–          Telinga bagian tengah menguatkan getaran dan mengirimnya ke telinga bagian dalam.

–          Getaran tersebut merangsang sel rambut pada telinga bagian dalam dan membentuk impuls listrik.

–          Impuls tersebut menuju ke otak melalui syaraf pendengaran dan menciptakan sensasi bunyi atau  suara.

Dua jenis hilangnya pendengaran

Rusaknya bagian yang lembut pada telinga anda dapat mengakibatkan hilangnya kemampuan untuk mendengar. Terdapat dua jenis hilangnya pendengaran:

  1. Konduktif
  2. Sensor

 

  1. 1.   Hilangnya pendengaran konduktif

 Hilangnya pendengaran konduktif adalah disebabkan rusaknya bagian luar dan tengah telinga. Hal ini mengurangi kemampuan pendengaran, namun anda masih dapat memahami pembicaraan seseorang.

Penyebab hilangnya pendengaran kondusif

Gangguan yang bersifat medis dapat menyebabkan hilangnya pendengaran. Kesalahan ini dapat disembuhkan secara medis atau melalui operasi. Ganguan tersebut adalah: 

• Infeksi telinga bagian tengah

• Rusak / bolong pada gendang telinga 

• Fiksasi pada rantai oscicular

• Otosclerosis

2. Hilangnya Sensor Pendengaran 

Hilangnya Sensor pendengaran  hal ini disebabkan rusak atau tidak berfungsinya bagian inner ear, auditory nerve, atau gangguan pada otak.

Ini akan membuat anda menemui kesulitan dalam memahami ucapan seseorang, tetapi hal ini tidak mengurangi pendengaran untuk sesuatu yang nyaring/keras.

Penyebab hilangnya sensor pendengaran adalah:

–          Keturunan

–          Kerusakan fetus (janin)

–          Usia

–          Kebisingan

–          Penyakit

–          Cidera

–          Obat-obatan

 Sensor pendengaran TIDAK DAPAT di sembuhkan baik melalui operasi ataupun obat-obatan. Itu merupakan bentuk permanen.

 Seperti yang dapat anda lihat dari daftar di atas, kehilangan pendengaran di tempat kerja dapat menjadi hal yang paling besar terjadi pada kehilangan sensor pendengaran.

Jenis perlengkapan/ alat pelindung pendengaran 

Tersedia beragam jenis alat pelindung pendengaran. Jenis yang paling banyak digunakan: 

  1. Foam Earplugs
  2. PVC Earplugs
  3. Earmuffs

Earplugs – Kelebihan & Kekurangan

Kelebihan dari jenis Foam dan PVC earplugs adalah:

  1. Kecil & ringan
  2. Sesuai untuk daerak yang panas
  3. Mudah digunakan dengan peralatan safety lainnya.

 Kekurangan dari earplugs adalah:

  1. Mudah lepas dan perlu dipasang  kembali
  2. Perlu mengetahui cara pemakaian

 Sering mudah rusak

Kelebihan dari earmuffs adalah:

  1. Mudah dalam pengawasan penggunaan kelengkapan ini
  2. Satu ukuran untuk semua
  3. Dapat tahan lama.

Kerugian dari earmuffs adalah:

  1. Terlalu menjepit kepala
  2. Tidak nyaman untuk lingkungan yang     panas
  3. Dapat timbul masalah bila dipakai dengan kegiatan lain 

Pelindung Kepala

Mengapa perlindungan kepala begitu penting?

Kepala adalah bagian yang paling lemah dari tubuh anda. Apa yang ada di dalam dan sekitar kepala anda adalah:

–          Mata anda, sebagai alat untuk melihat

–          Telinga, untuk mendengar

–          Hidung, untuk mencium bau

–          Mulut, untuk makan dan berbicara

–          Otak, untuk berfikir.

Cidera pada kepala adalah hal yang tidak dapat dianggap remeh, dan untuk itulah mengapa perlunya kita menggunakan alat pelindung kepala.

 Hard hat melindungi anda karena memiliki hal berikut :

–          Lapisan yang keras, tahan dan kuat terhadap benturan yang mengenai kepala

–          Sistem suspensi yang ada didalamnya bertindak sebagai penahan goncangan

–          Beberapa jenis dirancang tahan terhadap sengatan listrik

–          Melindungi kulit kepala, wajah, leher, dan bahu dari percikan, tumpahan, dan tetesan;

Pada beberapa jenis hard hat dapat dimodifikasi sehingga anda dapat menambahkan pelindung wajah, goggles, hoods, atau alat pelindung pendengaran.

Bahaya yang potensial

Benturan pada kepala

Benda yang terbang atau jatuh mengenai kepala adalah penyebab utama terjadinya cidera pada kepala. Hal lainnya adalah bila anda jatuh dan terpeleset dan kepala membentur benda keras. Cidera ini termasuk keseleo, gegar otak, dan retak pada tulang tengkorak.

Sengatan listrik

Kecelakaan yang melibatkan listrik berupa electrical shocks (tersengat listrik) dan luka bakar.

Percikan, Tumpahan, dan Tetesan

Cairan berbahaya seperti asam, kaustik, dan logam cair dapat membuat iritasi dan terbakarnya kulit dan atau mata.  

Jenis-jenis Hard Hats

Kelas G – Dulunya adalah Kelas A, dirancang untuk:

–          Melindungi anda dari benda yang   jatuh

–          Melindungi anda dari sengatan listrik sampai 2.200 volts.

Kelas E – Dulu adalah Kelas B  dirancang untuk:

–          Melindungi anda dari benda yang   jatuh

–          Melindungi anda dari sengatan  listrik sampai 20.000 volts.

Voltage yang ditetapkan jangan ditafsirkan sebagai kontak listrik yang aman

Kelas F – Dulu adalah kelas C, dirancang untuk: 

–          Melindungi anda dari benda yang jatuh

–          TIDAK melindungi anda dari sengatan listrik

–          TIDAK melindingi anda dari bahan-bahan yang merusak.

Tidak dikeluarkan oleh Thiess

Perawatan Hard Hat 

Karena hard hat merupakan salah satu bagian penting bagi personal protective equipment, maka anda harus:

–          Membersihkan hard hat setidaknya sekali sebulan (atau bila diperlukan) untuk membersihkan oli, grease, bahan kimia, dll.                                                                                             

–          Anda dapat membersihkan hard hat dengan merendamnya dalam larutan sabun selama 5-10 menit. Bilaslah dengan air bersih, basuh dan sekalah kemudian biarkan kering.

Karena sinar mata hari dan panas dapat merusak suspensi dari hat, simpanlah pada tempat yang kering, sejuk dan bersih.

Jika anda merasa ragu atau bingung  maka ikutilah petunjuk pemeliharaan yang diberikan pabrik

Pelindung Kaki

 

Mengapa perlindungan kaki sangat penting?

Para ilmuan dan insinyur selama berabad-abad menekuni perancangan dan mempelajari struktur kaki manusia.

Kaki manusia cukup kuat untuk menahan seluruh beban tubuh, dan cukup fleksibel untuk berlari, menari, berolahraga, dan membawa kemanapun anda pergi.

Tanpa kaki dan jari kaki, maka kemampuan anda untuk melakukan aktivitas akan berkurang.

Bahaya yang potensial  

Cidera karena benturan

jika jari kaki anda pernah terpotong maka anda pasti mengetahui bahwa kecelakaan atau cidera tersebut sangat menyakitkan.

Pada saat bekerja maka benda keras bisa saja menimpa kaki anda.

Jika anda bekerja di sekitar benda tajam, maka anda dapat saja menginjaknya dan menusuk kaki anda.

Cidera karena tumpahan dan percikan

Cairan seperti asam, kaustik, dan logam cair dapat tumpah ke atas kaki dan sepatu anda.

Bahan berbahaya tersebut dapat menyebabkan kulit panas dan terbakar. 

Cidera karena terjepit
Heavy machinery (alat berat), peralatan dan hal lain dapat menimpa kaki anda. Akibat dari kecelakaan ini sering melukai dan mematahkan tulang.

Sengatan listrik

Kecelakaan yang melibatkan listrik berupa electrical shocks (tersengat listrik) dan luka bakar yang parah.

Terpeleset

Oli, air, sabun, lilin, dan bahan kimia lainnya dapat menyebabkan anda terpeleset dan jatuh. 

Sepatu dan Boot Safety

Terdapat banyak tipe dari sepatu yang didesain untuk melindungi kaki anda.

Steel toe

Sepatu ini didesain untuk melindingi jari kaki anda dari kejatuhan benda.

Metatarsal

Sepatu ini didesain khusus melindungi seluruh kaki anda dari bagian tuas sampai jari. 

Reinforced sole

Sepatu ini didesain dengan bahan penguat dari besi yang akan melindungi dari tusukan pada kaki anda.

Latex/Rubber

Sepatu ini tahan terhadap bahan kimia dan memberikan daya cengkeram yang lebih kuat pada permukaan yang licin.

PVC

Sepatu yang melindungi anda dari lembab dan membantu anda berjalan di tempat becek.

Vinyl

Sepatu yang tahan larutan kimia, asam, alkali, garam, air, grease, dan darah.

Nitrile

Sepatu yang tahan terhadap lemak hewan, oli, dan bahan kimia.

Penggunaan Sepatu Safety

  • Gunakan sepatu pelindung yang tepat dan sesuai dengan pekerjaan yang akan dilakukan. 
  • Pilihkah sepatu yang cocok.
  • Periksalah sepatu anda sebelum digunakan, periksalah kebocoran yang dapat berupa lubang atau retakan.
  • Gantilah sepatu yang telah sobek atau usang. 
  • Setelah bekerja dengan bahan kimia, siramlah sepatu anda dengan air untuk mencuci bahan kimia atau kotoran sebelum anda melepaskan sepatu anda.
  • Hindari meminjam sepatu safety, sepatu tersebut merupakan  Personal Protective Equipment.Simpanlah sepatu di tempat yang bersih, sejuk kering dan berventilasi.

Pelindung Pernapasan

Mengapa perlindungan terhadap pernafasan begitu penting ?

Bahaya terhadap kesehatan di tempat kerja adalah hal yang sangat dikhawatirkan bagi karyawan atau pengusaha. Hal ini sangat penting, meskipun, misalnya bahaya racun kimia hanya membahayakan jika terjadi kontak langsung dengan tubuh. Namun zat/bahan kimia berbahaya dapat masuk ke tubuh dengan tiga cara:

  1. Proses pencernaan
  2. Penyerapan melalui kulit
  3. Penghirupan 

Mengingat banyaknya bahan kimia berbahaya beterbangan menjadi partikel kecil, maka penting sekali bagi kita untuk mengetahui pentingnya perlindungan.

Proses pernafasan

Untuk lebih mengetahui bagaimana bahaya kesehatan dapat masuk ke tubuh anda melalui penghirupan udara, maka marilah kita memahami proses pernafasan.

  • kapanpun anda bernafas, oksigen yang ada di udara diambil ke dalam tubuh melalui mulut dan hidung, masuk ke tenggorokan dan menuju paru-paru.
  • Di dalam paru-paru, terdapat gelembung udara kecil yang disebut alveoli.
  • Gelembung udara kecil yang lembut ini kemudian mengirim oksigen ke dalam darah. Dan pada saat yang bersamaan oksigen diserap ke dalam aliran darah, dan  karbon dioksida dikirim dari aliran darah ke gelembung udara.
  • Saat anda menghembuskan nafas, anda membantu tubuh mengeluarkan gas yang tidak diperlukan oleh tubuh.

Dari ketiga cara masuknya racun ke dalam tubuh, maka penghirupan adalah cara yang paling umum masuknya benda-benda yang membahayakan tubuh. Termasuk juga bila anda menghirup debu, asap, bau oli, dan arome/bau dari pelarut dan gas lainnya.

Menghirup materi berbahaya dapat merusak struktur paru-paru yang lembut. Paru-paru yang rusak mudah terserang penyakit pernafasan dan penyakit tersebut sering kali tidak dapat disembuhkan, dan dapat menyebabkan kematian. Akhirnya dapat disimpulkan bahwa perlindungan pernafasan adalah masalah serius.

Bahaya yang potensial

Debu

Debu terbentuk dari benda padat yang terurai menjadi bentuk partikel halus. Debu sering dihasilkan pada proses penggerindaan dan pengampelasan.

Aroma/bau bahan kimia

Aroma/bau bahan kimia biasanya dihasilkan dari penguapan bahan kimia yang berbentuk padat atau cair.

Bahan kimia mudah menguap pada suhu ruangan termasuk cat thinner, pelarut dan gasoline.

Uap / Fog

Fog adalah uap yang tergabung dengan partikel kecil dan naik ke udara atau tercampur dalam tetesan air. Salah satu contoh uap yang berbahaya adalah uap dari pembunuh kutu atau serangga yang digunakan di kawasan industri atau perumahan.

Asap / Fumes

Asap / Fume dapat terjadi apabila bahan metal (besi), plastik atau polimer terkena panas selama waktu tertentu seperti pada proses kegiatan pengelasan atau penggunaan solder.  

Gas

Gas adalah material yang dapat menguap pada temperatur ruangan. Beberapa gas memiliki bau dan sebagian tidak, begitu juga halnya beberapa gas dapat terlihat tetapi beberapa tidak. Gas dapat lebih berat dari pada udara, atau lebih ringan dari udara tetapi disisi lain gas dapat berjalan untuk suatu jarak yang jauh/panjang tanpa terdeteksi.

Percikan & Semprotan

Percikan atau semprotan adalah suatu tetesan cairan yang sangat kecil yang tertahan di udara. Umumnya ini dihasilkan oleh semprotan atau kegiatan pelapisan.

Terdapat dua kategori alat bantu pernafasan:

Alat Bantu pernafasan yang hanya menyaring udara, yang termasuk dalam jenis ini adalah:

  • Air Purifying Disposable Particulate Masks;
  • Air Purifying Half Mask Respirators
  • Air Purifying Full Face Mask Respirators
  • Gas Masks
  • Powered Air Purifying Respirators. 

Alat bantu pernafasan dengan suplai udara,  yang termasuk dalam jenis ini adalah:

–          Airline Respirators;

–          Emergency Escape Breathing Apparatus

–          Self-Contained Breathing Apparatus (SCBA).

Memilih alat Pernafasan yang tepat

Langkah pertama dalam pemilihan alat pernafasan yang tepat. Untuk melakukan hal ini maka anda perlu menjawab empat pertanyaan dasar yaitu:

  1. Tipe pencemaran apa yang ada?
  2. Apa bentuk dari pencemaran tersebut?
  3. Seberapa bahaya /beracun pencemaran tersebut?

4.    Apa kandungan dari bahan pencemar tersebut?

Selalu bekerja dengan atasan anda atau dengan petugas keselamatan untuk menentukan jawaban yang tepat bagi pertanyan pertanyaan itu.

Sebagai tambahan, untuk menentukan tingkat bahaya pada suatu lingkungan anda perlu juga mempertimbangkan:

  1. Berapa lama anda akan berada pada daerah yang tercemar tersebut?
  2. Bagaimana daya tahan anda terhadap pencemaran tersebut?
  3. Apa saja yang anda perlukan?

–    Apakah anda menggunakan kacamata?

–    Apakah anda memiliki janggut atau rambut pada bagian wajah?

–    Apakah anda akan menggunakan protective equipment lain?

Bicarakan dengan atasan anda atau petugas safety untuk menentukan alat pernafasan yang tepat yang anda butuhkan agar bekerja dengan aman.

Pemeriksaan sebelum penggunaan

Periksalah dahulu alat bantu pernafasan anda setiap kali anda menggunakannya. Untuk pemeriksaan yang benar, anda harus memperhatikan:

–          ­Pecahan atau kupasan pada bagian wajah

–          Pecahan atau lubang pada pipa pernafasan

–          Tali pengikat yang usang atau tidak layak

–          Fittings yang rusak atau tidak layak

–          Pengancing yang bengkok atau berkarat

–          Valve yang kotor atau tidak pada tempatnya

Jangan gunakan alat bantu pernafasan anda apabila anda menemukan kerusakan pada alat tersebut.

Segeralah ganti atau perbaiki alat tersebut

Menggunakan Alat Pernafasan (Respirator)

  1. 1.   Tahanlah alat pernafasan pada wajah anda dengan satu tangan.
  2. 2.   Saat menahan, tariklah tali pengikat ke bagian belakang kepala.
  3. 3.   Atur dan kencangkan tali sampai alat pernafasan pas sekali pada wajah anda. Cara terbaik mengencangkan alat     pernafasan adalah mengencangkan tali dari bawah keatas

Pastikan anda mengetahui cara menggunakan alat pernafasan dengan benar 

Menguji alat Pernafasan

Ujilah alat penafasan setiap kali anda akan menggunakannya, anda pasti menginginkan udara tertutup antara alat pernafasan dengan wajah anda

Pengujian tekanan Positive

–          Tutuplah valve pembuangan dengan tangan anda

–          Hembuskanlah nafas secara perlahan. Alat pernafasan ini akan mengembang secara perlahan

–          Tahanlah nafas anda kira-kira sepuluh detik

–          Bila selama proses ini tidak ada udara yang keluar, maka hal itu menunjukan alat pernafasan telah terpasang dengan baik

–          Bila belum, aturlah kembali tali pengencang dan ulangi pengujian.

Cara lain untuk menguji alat pernafasan ini adalah dengan melakukan pengujian tekanan negatif.

Pengujian tekanan Negative

Tutuplah bagian pengisapan alat pernafasan dengan kedua tangan anda, kemudian bernafaslah perlahan. Alat pernafasan tersebut akan mengecil/menciut. Tahanlah nafas anda kira-kira 10 detik.

Bila selama proses ini tidak ada udara yang keluar, maka hal itu menunjukan alat pernafasan telah terpasang dengan baik. Bila belum, aturlah kembali tali pengencang dan ulangi pengujian.

Memeriksa dan membersihkan alat pernafasan setelah digunakan

Periksa dan bersihkan alat pernafasan setelah anda menggunakannya. pada saat membersihkan,  perhatikanlah:

–          Pecahan atau kupasan pada bagian wajah

–          Pecahan atau lubang dalam saluran pernafasan

–          Tali pengikat yang usang atau tidak layak

–          Fittings yang rusak atau tidak layak

–          Pengancing yang bengkok atau berkarat

–          Valve yang kotor atau tidak pada tempatnya.

Apabila anda menemukan kerusakan pada alat tersebut, segeralah ganti atau perbaiki alat tersebut.

Penyimpanan alat pernafasan

Simpanlah alat pernafasan apabila anda tidak menggunakannya untuk waktu yang lama. Tempatkanlah alat pernafasan dalam kantung plastik tertutup/yang dapat ditutup untuk menyimpannya.

Pastikan anda menyimpan alat pernafasan di tempat yang baik bagi anda dan hindarilah dari :   

–          Debu

–          Sinar matahari

–          Panas                                                                             

–          Dingin yang berlebihan           

–          Kelembaban                                              

–          Kerusakan kimia.

Perlindungan Tangan

Mengapa perlindungan terhadap tangan begitu penting?

Lihatlah tangan anda dengan seksama. Hanya dua tangan yang anda miliki.

Diperkirakan sekitar 20% kecacatan karena kecelakaan di tempat kerja adalah melibatkan cidera tangan. Tanpa tangan atau jari, maka kemampuan kerja anda akan berkurang.

Tangan manusia sangatlah unik. Tidak ada makhluk lain yang memiliki kemampuan genggam, menahan, bergerak, dan memanipulasi benda seperti tangan manusia. Tangan adalah salah satu aset terbesar yang kita miliki.  

Bahaya yang potensial

Cidera traumatis

Anda dapat mengalami cidera traumatis pada tangan anda, seperti hal-hal berikut;

–          Peralatan atau mesin dengan komponen tajam yang dapat memotong tangan anda.

–          Staples, obeng, paku, dan pahat dapat menusuk tangan anda.

–          Tangan anda yang terjerat/terperangkap peralatan mesin dapat terkilir, remuk, memotong jari anda.

Cidera karena kontak langsung

Kontak lansung dengan bahan kimia beracun dan menyengat, substansi biologis, sumber listrik, dan benda yang sangat panas atau dingin sekali dapat menyebabkan iritasi atau membakar kulit tangan anda.

PERINGATAN     :   Zat beracun adalah  substansi yang dapat diserap oleh kulit dan masuk ke dalam tubuh.

Sarung tangan

Terdapat berbagai macam sarung tangan yang dirancang untuk melindungi tangan anda.

Metal mesh

Sarung tangan yang tahan terhadap ujung benda yang tajam dan melindungi tangan dari terpotong.

Leather gloves

Melindungi tangan anda dari permukaan yang kasar

Vinyl dan neoprene gloves

Melindungi tangan anda dari bahan kimia beracun

Rubber gloves

Melindungi anda saat anda bekerja dengan listrik

Padded cloth gloves

Melindungi tangan anda dari sisi yang tajam, bergelombang dan kotor.

Heat resistant gloves

Melindungi tangan anda dari panas dan api.

Latex disposable gloves

Melindungi tangan anda dari bakteri dan kuman.

Tindakan perlindungan lainnya

Krim pelindung

–    Water Repellent Creams, digunakan untuk melindungi tangan dari bahan kimia kaustik

–    Solvent-Repellent Creams,                  

–    digunakan untuk melindungi tangan anda dari  pelarut, oli, dan kimia organik  lainnya.

–    Sunscreens, melindungi kulit dari terbakar karena pengaruh sinar  matahari.

Jangan mengganti krim pelindung saat anda memakai sarung tangan. 

Perlindungan

Kontrol Engineer

Penutup mesin dan keselamatan secara mekanis didesain untuk melindungi jari dan tangan anda.

PERINGATAN     :    Jangan melepaskan penutup mesin atau mengadakan hubungan singkat mekanis. Periksalah prosedur lockout-tag-out sebelum melakukan pekerjaan pada mesin.

Tindakan pencegahan

Menjaga kebersihan dan hygine

Peralatan mesin, peralatan kerja yang tak terawat, tempat kerja yang tidak rapih, menunjang terjadinya kecelakaan.

Terjaganya kebersihan tubuh/hygiene termasuk membersihkan tangan, membantu menghilangkan kotoran dan bibit penyakit yang menempel di tangan. Tangan yang bersih lebih tahan terhadap infeksi dan penyakit kulit lainnya.

Penggunaan Sarung tangan

–          Pilih dan gunakanlah sarung tangan yang tepat dengan pekerjaan yang ingin anda lakukan.

–          Pilihlah sarung tangan yang pas.

–          Beberapa sarung tangan khusus untuk bahan  kimia memiliki batas waktu. Singkirkan sarung tangan tersebut bila batas waktu yang ditentukan telah lewat.

–          Lepaskan cincin, jam atau gelang yang dapat  memotong atau merobek sarung tangan anda.

–          Cucilah tangan anda sebelum dan sesudah menggunakannya.

–          Periksalah sarung tangan anda sebelum dipakai.

–          Periksalah kebocoran yang dapat berupa lubang atau keretakan.

Memakai dan menggunakan sarung tangan

–          Gantilah sarung tangan yang rusak atau bolong.

–          Setelah anda bekerja dengan bahan kimia, bersihkan sarung tangan pada air yang mengalir  untuk meenghilangkan bahan kimia atau  kotoran yang melekat pada sarung tangan  sebelum anda melepaskannya.

–          Bersihkan sarung tangan dari katun dengan  cara yang benar.

–          Hindari bertukar sarung tangan, karena sarung  tangan adalah personal protective equipment.

–          Simpanlah sarung tangan pada tempat yang  bersih, sejuk dan kering serta tempat dengan  ventilasi udara yang baik.

Jangan menggunakan sarung tangan disekitar alat yg berputar (bor, mesin bubut, dll)

Pelindung Bahaya Jatu

Para pekerja mungkin akan bekerja pada tempat  yang tinggi. Pekerjaan pada tempat yang tinggi dapat yang sederhana seperti mengganti bola lampu atau sampai yang sulit seperti mengecat cerobong asap.

Kedua pekerjaan ini membutuhkan perlindungan bagi pekerja ketika pekerjaan dilakukan pada tempat yang tinggi

Potensi Bahaya

  • Pindah dari satu tempat ke tempat lain
  • Platform tidak mampu untuk mendukung beban
  • Lubang terbuka yang tidak tertutup / dilindungi
  • Tepian yang tidak diberi pelindung
  • Permukaan yang licin atau bergerak
  • Kondisi cuaca yang jelek
  • Tidak ada pegangan
  • Pelindung bahaya jatuh tidak digunakan atau tidak berfungsi
  • Adanya penghambat/penghalang (peralatan kerja, sampah) di area kerja, dll 

Faktor lain dapat berupa gangguan yang dapat mempengaruhi kemampuan pekerja (contoh terpapar bahan kimia atau energi listrik) yang dapat menimbulkan resiko jatuh

System Pelindung Bahaya Jatuh

Sistim perlengkapan yang dirancang untuk mencegah pemakai dari bahaya jatuh dari platform/area, dimana bentuk lain pencegahan tidak tersedia biasanya terdiri dari full budy harness (Pakaian Penahan Bahaya Jatuh), tali pengikat, dan tempat kaitan

Gunakan perlengkapan pelindung diri dari bahaya jatuh ditempat dimana ada kemungkinan bahaya jatuh, dimana tidak ada bentuk perlindungan lainnya yang dapat disediakan atau pada saat bekerja pada ketinggian lebih dari 2.0 meter

Anchor Point (Tempat Kaitan)

Tempat menyangkutkan pengait yang sedikitnya harus mampu menahan 500 kg   per pekerja yang menggunakan tempat kaitan tersebut.

Tempat kaitan harus dipilih untuk mencegah kemungkinan jatuh.  Tempat kaitan, jika memungkinkan harus ditempatkan lebih tinggi dari bahu pemakainya

Lanyard (Tali Pengikat)

Tali pendek yang lentur atau anyaman tali, digunakan untuk menghubungkan pakaian pelindung jatuh pekerja ke tempat kaitan atau tali kaitan. Panjang tali pengikat tidak boleh melebihi 2 meter dan harus yang kancing pengaitnya dapat mengunci secara otomatis.

Full Body Hardness (Pakaian penahan Bahaya Jatuh)

Sistim yang dirancang untuk menyebarkan tenaga benturan/goncangan pada saat jatuh    melalui pundak, paha dan pantat. Pakaian penahan bahaya jatuh ini dirancang dengan desain yang nyaman bagi si pemakai dimana pengikat pundak, dada, dan tali paha dapat disesuaikan menurut pemakainya. Pakaian penahan bahaya jatuh ini dilengkapi dengan cincin “D” (high) yang terletak dibelakang dan di depan dimana tersambung tali pengikat, tali pengaman atau alat penolong lain yang  dapat dipasangkan.

Life Line (tali kaitan)

Tali kaitan lentur dengan kekuatan tarik minimum  500 kg yang salah satu ujungnya diikatkan ketempat kaitan dan menggantung secara vertikal, atau diikatkan pada tempat kaitan yang lain untuk digunakan secara horizontal

Pengencang Tali kaitan (Refracting Life Lines)

Adalah komponen yang digunakan untuk mencegah agar tali pengikat tidak terlalu kendor. Tali tersebut akan memanjang dan memendek secara otomatis pada saat pekerja naik  maupun pada saat turun.

Pemeliharaan & Perawatan

Perlengkapan pelindung bahaya jatuh harus dipelihara agar tetap bersih untuk menjamin dapat berfungsi dengan baik.

Bersihkan semua bagian yang kotor dan oleskan gemuk dengan sepon atau kain basah

Cuci dengan  menggunakan sepon yang diberi sabun, basuh dengan air dan bilas dengan air bersih

Keringkan dan simpan pakaian pelindung bahaya jatuh ditempat yang kering dan bersih

Inspeksi secara mingguan, yang dilakukan oleh Foreman atau Supervisor.


Aksi

Information

5 responses

22 09 2011
ihsan wicaksono X TKJ 2

permisi pak numpang sedot

27 09 2011
aris63

sedot az….ampe blenger……..

21 04 2013
メンズ バーバリー

人気のある簡単開閉用ポリエステルと機能革包まれたハンドルと便利なプッシュボタンから作られているパターン化された傘をチェック爆発

9 06 2013
aris63

I do not understand what you wrote …. can you write in english…..

25 06 2013
コンバース アディクト

基本的にされて1つの特定靴の恋人人を作るかなり行く荒々しい以上新しいもの表示通常、ギャラリー。「1つの事」星を得た特定オフ日と相まって彼らことを決めたできるようになるを拾ういくつかボリスバイクから自転車は非常にのビットエンターテイメント町の周り。

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s