Dasar – Dasar Teknologi Informasi

18 08 2010

I.1.       Sekilas Teknologi Informasi

Manusia adalah mahluk sosial, disamping Sandang, pangan, dan Papan sebagai kebutuhan utamanya, maka sebagai mahluk sosial manusia membutuhkan untuk berkomunikasi diantara sesamanya sebagai kebutuhan utamanya untuk dapat saling berhubungan satu dengan yang lainnya.

Maka mulailah manusia mencari dan menciptakan sistem dan alat untuk saling berhubungan tersebut, mulai dari melukis bentuk (menggambar) di dinding gua, isyarat tangan, isyarat asap, isyarat bunyi, huruf, kata, kalimat, tulisan, surat, sampai dengan telepon dan internet.

Alat dan Sistem komunikasi yang diciptakan manusia tersebut kemudian dikenal dengan nama Teknologi Informasi atau yang lebih dikenal dengan istilah
” IT “, singkatan dari Information Technology.

Pada halaman-halaman berikutnya kita bersama-sama akan menyimak perjalanan IT dari masa ke masa, mengenali alat dan teknologi IT, serta mempelajari teknologi terbaru dari IT yaitu Internet

I.1.       Sejarah Teknologi Informasi

Perkembangan peradaban manusia diiringi dengan perkembangan cara penyampaian
informasi (yang selanjutnya dikenal dengan istilah Teknologi Informasi). Mulai dari gambar-gambar yang tak bermakna di dinding-dinding gua, peletakkan tonggak sejarah dalam bentuk prasasti sampai diperkenalkannya dunia arus informasi yang kemudian dikenal dengan nama INTERNET. Informasi yang disampaikan pun berkembang. Dari sekedar menggambarkan keadaan sampai taktik bertempur.

Masa Pra-Sejarah (…s/d 3000 SM)

Pada awalnya Teknologi Informasi yang dikembangkan manusia pada masa ini berfungsi sebagai sistem untuk pengenalan bentuk-bentuk yang mereka kenal, mereka menggambarkan informasi yang mereka dapatkan pada dinding-dinding gua, tentang berburu dan binatang buruannya. Pada masa ini mereka mulai melakukan pengidentifikasian benda-benda yang ada disekitar lingkungan mereka tinggal dan mewakilinya dengan bentuk-bentuk yang kemudian mereka lukis pada dinding gua tempat mereka tinggal, karena kemampuan mereka dalam berbahasa hanya berkisar pada bentuk suara dengusan dan isyarat tangan sebagai bentuk awal komunikasi mereka pada masa ini.

Perkembangan selanjutnya adalah diciptakan dan digunakannya alat-alat yang menghasilkan bunyi dan isyarat, seperti gendang, terompet yang terbuat dari tanduk binatang, isyarat asap sebagai alat pemberi peringatan terhadap bahaya.

Masa Sejarah (3000 SM s/d 1400-an M)

Pada masa ini Teknologi Informasi belum menjadi teknologi masal seperti yang kita kenal sekarang ini, teknologi informasi masih digunakan oleh kalangan-kalangan terbatas saja, digunakan pada saat-saat khusus, dan mahal!

3000 SM

Untuk yang pertama kali tulisan digunakan oleh bangsa sumeria dengan menggunakan simbol-simbol yang dibentuk dari pictograf sebagai huruf.
Simbol atau huruf-huruf ini juga mempunyai bentuk bunyi yang berbeda(penyebutan), sehingga mampu menjadi kata, kalimat dan bahasa.

2900 SM

Penggunakan Huruf Hierogliph pada bangsa Mesir Kuno
Hierogliph merupakan bahasa simbol dimana setiap ungkapan di wakili oleh simbol yang berbeda, yang ketifka digabungkan menjadi satu akan mempunyai cara pengucapan dan arti yang berbeda, bentuk tulisan dan bahasa hierogliph ini lebih maju dibandingkan dengan tulisan bangsa Sumeria.

500 SM

Serat Papyrus digunakan sebagai kertas. Kertas yang terbuat dari serat pohon papyrus yang tumbuh disekitar sungai nil ini menjadi media menulis/media informasi yang lebih kuat dan fleksibel dibandingkan dengan lempengan tanah liat yang sebelumnya digunakan sebagai media informasi.

105 M

Bangsa Cina menemukan kertas. Kertas yang ditemukan oleh bangsa Cina pada masa ini adalah kertas yang kita kenal sekarang, kertas ini dibuat dari serat bambu yang dihaluskan, disaring,dicuci kemudian diratakan dan dikeringkan, penemuan ini juga memungkinkan sistem pencetakan yang dilakukan dengan menggunakan blok kayu yang ditoreh dan dilumuri oleh tinta atau yang kita kenal sekarang dengan sistem Cap.

Masa Modern ( 1400-an M s/d sekarang )

Tahun 1455

Mesin Cetak yang menggunakan plat huruf yang tebuat dari besi yang bisa diganti-ganti dalam bingkai yang tebuat dari kayu dikembangkan untuk yang pertama kalinya oleh Johann Gutenberg.

Tahun 1830

Augusta Lady Byron Menulis program komputer yang pertama didunia berkerjasama dengan Charles Babbage menggunakan mesin Analytical-nya. Yang didesain mampu memasukan data, mengolah data dan menghasilkan bentuk keluaran dalam sebuah kartu. Mesin ini dikenal sebagai bentuk komputer digital yang pertama walaupun cara kerjanya lebih bersifat mekanis daripada bersifat digital, 94 tahun sebelum komputer digital pertama ENIAC I dibentuk.

Tahun 1837

Samuel Morse mengembangkan Telegraph dan bahasa kode Morse bersama Sir William Cook dan Sir Charles Wheatstone yang dikirim secara elektronik antara 2 tempat yang berjauhan melalui kabel yang menghubungkan kedua tempat tersebut. Pengiriman dan Penerimaan Informasi ini mampu dikirim dan diterima pada saat yang hampir bersamaan waktunya. Penemuan ini memungkinkan informasi dapat diterima dan dipergunakan secara luas oleh masyarakat tanpa dirintangi oleh jarak dan waktu.

Tahun 1861

Gambar bergerak yang peroyeksikan kedalam sebuah layar pertama kali di gunakan sebagai cikal bakal film sekarang.

Tahun 1876

Melvyl Dewey mengembangkan sitem penulisan Desimal.

Tahun 1877

  1. Alexander Graham Bell menciptakan dan mengembangkan Telepon yang dipergunakan pertama kali secara umum.
  2. Fotografi dengan kecepatan tinggi ditemukan oleh Edweard Maybridge.

Tahun 1899

Dipergunakan sistem penyimpanan dalam Tape (pita) Magnetis yang pertama.

Tahun 1923

Zvorkyn menciptakan tabung TV yang pertama.

Tahun 1940

Dimulainya pengembangan Ilmu Pengetahuan dalam bidang Informasi pada masa Perang Dunia 2 yang dipergunakan untuk kepentingan pengiriman dan penerimaan dokumen-dokumen militer yang disimpan dalam bentuk magnetic tape.

Tahun 1945

Vannevar Bush mengembangkan sistem pengkodean menggunakan Hypertext.
Tahun 1946

Komputer digital pertama didunia ENIAC I dikembangkan.

Tahun 1948

Para peneliti di Bell Telephone mengembangkan Transistor.

Tahun 1957

–          Jean Hoerni mengembangkan transistor Planar. Teknologi ini memungkinkan pengembangan jutaan bahkan milyaran transistor dimasukan kedalam sebuah keping kecil kristal silikon.

–          USSR (Rusia pada saat itu) meluncurkan sputnik sebagai satelit bumi buatan yang pertama yang bertugas sebagai mata-mata. Sebagai balasannya Amerika membentuk Advance Research Projects Agency (ARPA) dibawah kewenangan Departemen Pertahanan Amerika untuk mengembangkan ilmu Pengetahuan dan Teknologi Informasi dalam bidang Militer.

Tahun 1962

Rand Paul Barand, dari perusahaan RAND, ditugaskan untuk mengembangkan suatu sistem jaringan desentralisasi yang mampu mengendalikan sistem pemboman dan peluncuran peluru kendali dalam perang Nuklir.

Tahun 1969

Sistem jaringan yang pertama dibentuk dengan menghubungkan 4 nodes (titik), antara University of California, SRI (Stanford), University California of Santa Barbara, dan University of Utah.dengan kekuatan 50Kbps.

Tahun 1972

Ray Tomlinson menciptakan program e-mail yang pertama

Tahun 1973 – 1990

Istilah INTERNET diperkenalkan dalam sebuah paper mengenai TCP/IP kemudian dilakukan pengembangan sebuah protokol jaringan yang kemudian difkenal dengan nama TCP/IP yang dikembangkan oleh grup dari DARPA, 1981 National Science Foundation mengembangkan Backbone yang disebut CSNET dengan kapasitas 56 Kbps untuk setiap institusi dalam pemerintahan. kemudian pada tahun 1986 IETF mengembangkan sebuah Server yang berfungsi sebagai alat koordinasi diantara; DARPA, ARPANET, DDN dan Internet Gateway.

Tahun 1991- Sekarang

Sistem bisnis dalam bidang IT pertama kali terjadi ketika CERN dalam menanggulangi biaya operasionalnya memungut bayaran dari para anggotanya. 1992 pembentukan komunitas Internet, dan diperkenalkannya istilah World Wide Web oleh CERN. 1993, NSF membentuk InterNIC untuk menyediakan jasa pelayanan Internet menyangkut direktori dan penyimpanan data serta database (oleh AT&T), Jasa Registrasi (oleh Network Solution Inc,), dan jasa Informasi (oleh General Atomics/CERFnet),1994 pertumbuhan Internet melaju dengan sangat cepat dan mulai merambah kedalam segala segi kehidupan manusia dan menjadi bagian yang tidak dapat dipisahkan dari manusia. 1995, Perusahaan umum mulai diperkenankan menjadi provider dengan membeli jaringan di Backbone, langkah ini memulai pengembangan Teknologi Informasi khususnya Internet dan penelitian-penelitian untuk mengembangkan sistem dan alat yang lebih canggih.

I.3.  Peralatan Teknologi Informasi

Perkembangan Teknologi Informasi sampai dengan saat ini berkembang dengan pesat seiring dengan penemuan dan pengembangan Ilmu Pengetahuan dalam bidang Informasi dan Komunikasi sehingga mampu menciptakan alat-alat yang mendukung perkembangan Teknologi Informasi, mulai dari sistem komunikasi sampai dengan alat komunikasi yang searah maupun dua arah (interaktif).

Komputer
Setiap mesin yang mampu menerima data, memproses data, menyimpan data, dan menghasilkan bentuk keluaran berupa teks, gambar, simbol, angka dan suara dapat dikategorikan sebagai komputer. Dalam pengoperasian, bentuk, sistem dan fungsinya komputer dapat dibagi menjadi dua(2) bagian yaitu hardware dan software.

CPU (Central Processing Units)

alat yang berfungsi sebagai pemroses data. Yang berisi rangkaian sirkuit yang menyimpan instuksi-instruksi pemrosesan, penyimpanan data

Monitor
alat yang mampu menampilkan teks maupun gambar dari data yang sedang diproses dalam CPU

Keyboard

Alat untuk memasukan data maupun perintah ke CPU, biasanya terdiri dari rangkaian huruf dan angka.

Mouse

alat bantu untuk memberikan perintah dalam memproses data berbentuk gambar/grafik

Printer

Alat yang memproduksi keluaran data (output) berbentuk cetak, baik itu berupa teks maupun gambar/grafik.

Compact Disk (CD)

Media penyimpanan yang terbuat dari bahan plastik. Proses penyimpanan dan pembacaan data menggunakan sistem optik.

Floppy Disk

Alat tambahan untuk menyimpan atau menuliskan kedalam disket maupun sebaliknya, ukuran yang umum digunakan adalah ukuran 3,5 inchi.

Hard disk

Alat tambahan untuk menyimpan data dalam kapasitas yang besar yang dilapisi secara magnetis

Scanner

Alat bantu untuk memasukan data berupa gambar/grafik dan merubahnya kedalam bentuk digital sehingga dapat diproses dan digabungkan dengan bentuk data yang berupa teks.

Software

Sebuah program komputer yang berisi sekumpulan instruksi yang dibuat dengan menggunakan bahasa khusus yang memberi perintah kepada komputer untuk melakukan berbagai pengoperasian/pemrosesan terhadap data yang terdapat dalam program tersebut atau data yang dimasukan oleh pengguna komputer. Singkat kata software merupakan ‘jiwa’ sedangkan hardware berfungsi sebagai ‘tubuh’ dalam sebuah komputer.

Virus

Suatu set kode komputer yang dengan sengaja disembunyikan, bertujuan untuk menimbulkan kerusakan. Sebuah Virus mampu merusak hardware dan software komputer.

Jaringan Komunikasi

Sebuah sistem yang mampu menghubungkan dan menggabungkan beberapa titik komunikasi menjadi satu kesatuan yang mampu berinteraksi antara satu dengan lainnya.

Telephone

Alat komunikasi dua arah yang memungkinkan 2 orang atau lebih untuk bercakap-cakap tanpa terbatas jarak.

ISDN

(Integrated Service Digital Network) jaringan komunikasi khusus yang menggunakan jaringan telepon yang tidak hanya meproses suara, tapi juga mampu menangani penyimpanan data berupa teks, gambar, video, faksimili,dll

Facsimile

Sebuah alat yang mampu mengirimkan dokumen secara persis sama melalui jaringan telepon.

Fiber Optic

Jaringan komunikasi yang mampu mentransmisikan data dalam frekuensi tinggi. Dalam jaringan ini jalur komunikasi tidak menggunakan kawat tembaga tetapi menggunakan cahaya sebagai penghantar datanya.

Leased Line

Jaringan telepon tetap(permanen) yang menghubungkan dua tempat atau lebih.
Jaringan ini tidak mempunyai alat pengalih (switching) atau sejenisnya, jaringan ini bekerja diantara tempat-tempat yang dihubungkan tersebut secara spesifik atau yang sudah ditentukan. Jaringan ini dikenal juga dengan sebutan Private Line.

Wireless

Jaringan komunikasi nir kabel, jaringan komunikasi yang menggunakan gelombang radio/frekuensi tertentu yang berfungsi sebagai penghantar informasi. Jaringan komunikasi ini menggunakan alat pemancar, penguat , dan penerima gelombang yang berisi data tersebut.

Jaringan Komunikasi dengan Satelit

Jaringan komunikasi tanpa kabel yang menggunakan satelit yang berfungsi sebagai pemancar, penerima dan penguat. Sistem komunikasi ini menggunakan gelombang sebagai penghantar datanya

Antena

Alat yang digunakan untuk memancarkan dan menerima komunikasi radio.

TV dan Radio

Alat penyampaian Informasi (Mass Media) yang menggunakan gelombang sebagai penghantar sinyal suara dan gambar.

Komunikasi Seluler

Komunikasi yang menggunakan transmisi radio untuk mengirimkan sinyal informasi, alat tersebut lebih dikenal dengan nama Hand Phone.

Net tools

Berbagai macam cara digunakan manusia untuk mempermudah dan menjaga kualitas hubungan melalui dunia Internet. Sejak saat itulah perkembangan alat- alat yang menyokong kemampuan jaringan untuk saling berhubungan berjalan pesat. Sistem jaringan yang tadinya hanya digunakan oleh kalangan terbatas sekarang sudah sangat merakyat. Bahkan sampai ke tingkat rumah tangga.

Server

Sebuah komputer yang bekerja sebagai penyedia data, penyedia software dan penyimpanan data. Bahkan sebuah server mampu mengatur jalur informasi dalam jaringan yang diaturnya.

Client

Sebuah PC dalam sebuah jaringan komunikasi yang mempunyai kemampuan memproses data dan mampu meminta informasi kepada server.

Router

Alat yang digunakan dalam jaringan yang mampu mengirimkan data kepada jaringan lainnya melalui jalur yang lebih cepat, tepat dan efisien.

Modem

Modulator / Demodulator, alat yang memungkinkan PC, Mini Computer, atau Mainframe untuk menerima dan mengirim data dalam bentuk digital melalui saluran telephon.

I.4. Internet

Perkembangan Teknologi Informasi yang sedikit “ajaib” terutama dalam bidang INTERNET secara langsung mampu menggeser bahkan merubah sistem dan pola hidup manusia, perkembangan tersebut memicu munculnya aspek-aspek sosial yang dapat dikatakan baru, atau aspek-aspek sosial lama yang muncul dengan cara baru. Salah satu dari aspek tersebut antara lain; Setelah berkembangnya Internet, sumber Informasi menjadi lebih beragam dan luas; Jarak dan Waktu bukan lagi kendala yang utama; munculnya sistem pembelian dan pembayaran On-line; mengadakan rapat secara bersamaan dan langsung dari berbagai tempat; perubahan dalam bidang hukum dan perundangan; pertukaran dan asimilasi nilai-nilai budaya yang cepat  sampai Carding; Hacker; Cracker; bahkan Pornografi.

Perubahan nilai yang muncul dari aspek sosial internet menuntut pergerakan dengan cepat menyiapkan infrastruktur dan faktor-faktor yang bersangkutan dengan bidang tersebut, atau akan tertinggal, karena Internet merupakan salah satu jembatan penting untuk masuk dalam kancah dunia.

Pengguna Internet

Sejak diperkenalkannya kepada dunia pada tahun 1972-1973, penggunaan Internet pun meluas tidak hanya pada kalangan khusus (militer pada saat itu) saja. Seiring dengan perkembangannya, orang-orang yang memanfaatkan Internet membuat sebuah sistem yang memudahkan peng-akses-an internet oleh masyarakat luas. Sistem ini juga memungkinkan adanya peluang bisnis dalam bidang ini. Hal ini ditandai dengan didirikannya provider (penyedia layanan) internet sampai warnet (warung internet).

Penyedia Jasa Internet ( ISP/Provider )

Institusi yang menyediakan jasa layanan koneksi ke Internet
Yang berada di Indonesia contohnya: Melsa, Telkomnet instan, Centrin, Wasantaranet, CBNet, Indosat, dll.  Dengan banyaknya ISP-ISP, maka organisasi APJII (Assosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia) dibentuk. Assosiasi ini berfungsi sebagai pemersatu penyedia jasa layanan ini, sehingga para pengguna Internet dapat terus memanfaatkan Internet untuk keperluan mereka.

Pengguna (User)

Pengguna internet secara privat (perorangan maupun organisasi) disebut user. Tergantung dari keperluannya menggunakan internet, ‘user’ digolongkan lagi dalam beberapa kategori

Surfer

Istilah yang dipakai untuk seseorang yang memanfaatkan sarana Internet. Istilah ini didapat sejak dipopulerkannya kata surfing (berselancar) untuk proses ‘berjalan-jalan’ dalam dunia Internet

Hacker & Cracker

Pengguna komputer yang menggunakan kemampuannya memasuki jaringan Internet untuk memperoleh akses yang diproteksi, mempelajari sistem, dan memodifikasinya, sebagaian hacker melakukan hal tersebut untuk kesenangan semata.

Organisasi

Dengan maraknya pemanfaatan Internet, maka dibentuklah organisasi2 yang bergerak dalam bidang Internet dan membentuk suatu komunitas yang melakukan pengembangan-pengembangan dalam dunia maya seperti aturan main, teknologi, hukum, aspek sosial, dll..

Organisasi Dunia

ITU – International Telecommunication Union  http://www.itu.int/
ICANN – The Internet Corporation for Assigned Names and Numbers http://www.icann.org
IANA – Internet Assigned Numbers Authority  http://www.iana.org/
ARIN – American Registry for Internet Numbers  http://www.arin.net/

Organisasi Dunia

RIPE NCC –  Réseaux IP Européens  http://www.ripe.net
APNIC – Asia Pacific Network Information Center  http://www.apnic.net
IETF – The Internet Engineering Task Force http://www.ietf.org/

Organisasi Nasional

APJII – Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia http://www.apjii.or.id
MASTEL –  Masyarakat Telematika  http://www.mastel.or.id
ccTLD-ID – Country Code Top Level Domain-Indonesia http://www.idnic.net.id
FTII – Federasi Teknologi Informasi Indonesia

APKOMINDO – Asosiasi Pengusaha Komputer Indonesia http://www.apkomindo.or.id
AWARI – Asosiasi Warung Internet Indonesia  http://www.awari.or.id
IndoWLI – Asosiasi Indonesia Wireless LAN Akses Internet  http://www.indowli.or.id
ASPILUKI – Asosiasi Pirantik Lunak Indonesia  http://www.aspiluki.or.id


Aksi

Information

53 responses

30 08 2010
widya artanti (x/rpl)

pak saya sudah download…..

3 09 2010
aris63

ok siip dibaca ya…..

30 08 2010
elisa reviandita (x/rpl)

pak…saya juga sudah download…..

3 09 2010
aris63

ok….

30 08 2010
nur chamidah (x/rpl)

assalamualaikum pak…saya hamidah dari jurusan rpl..sya sudah download materi ini pak…

3 09 2010
aris63

wa ‘alaikumussalam
siiiiip moga manfaat………..

30 08 2010
widya artanti (x/rpl)

pak,,,,saya dri jurusan rpl….saya sudah download materi ini….

3 09 2010
aris63

ok2….

30 08 2010
saya nur chamidah x rpl

udah saya download jg lhooo. . .pak!!

3 09 2010
aris63

iya lhoooooooooooo….

30 08 2010
saryani x rpl

asskum, pak saya sudah dawnload ???

3 09 2010
aris63

wa alaikum,
jgn cuma down load y
dibaca……….

30 08 2010
widya artanti (x/rpl)

pak,,,saya sudah download materi ini….

3 09 2010
aris63

dibaca y ..
fotomu bgs loh wid……….

27 09 2010
widya artanti (x/rpl)

siip pak……itu bukan foto saya pak….itu foto artis……hehehehehe

10 10 2010
aris63

artisx RPL ????
uda dipelajari blum artikelx ????
banyak belajar mandiri y…………

31 08 2010
Stevie Octhavianus M.

Pa Ijin Unduh Dasar2x Teknologi Informasi

3 09 2010
aris63

please….free….

31 08 2010
ichaaa

paakk….sayaa siswi kelas X RPL.
ngopyy yaa paak

3 09 2010
aris63

yaaaaaa…….
ngopy boleh….. ngeteh juga boleh………..

31 08 2010
Stevie Octhavianus M.

Saya anak x-RPL

3 09 2010
aris63

ok

31 08 2010
Rizal

assalamulaikum.wr.wb

pa saya mnta izin copy dasar- dasar teknologi informasi…!!!!

3 09 2010
aris63

wa ‘alaikumussalam wr wb
please dg senang hati
teruskan ke yg lain………….

31 08 2010
meity & adeayu X-RPL

Pak aris, qt izin ngambil bhan materi pelajaran ya pak.!

3 09 2010
aris63

meity & adeayu……………..
smoga bermanfaat y……….

1 09 2010
Nurhamsari

wiiii……
kurang panjang eh Pak……..
Sampe pegeL eh Pak ngerjainnya….
kata bapak, nggak berLembar”,..!!!!😀😛
kidding Pak…..

3 09 2010
aris63

ngerjain opo kog pegel…???
kalo pegel ntar diurut y……..
kidding..??? pengin lurus ..? y di rebonding di salon dunk…?

1 09 2010
Ucil Indra

Nice Info..
Apiikkkk…
Good Job….

3 09 2010
aris63

thks indra…..for attantion

1 09 2010
jabal noor

infonya bermanfaat sekali pak…
kalau bisa tambahkan lagi pak..
tentang it deh pokoknya,,
heheheheh

3 09 2010
aris63

sabar y jabal..
ntar sy tambahin….
tapi dibaca & dipelajari y…….
so any its benefit…………

21 09 2010
Nur Chamidah

Ass…….
pakkk… ini chamidah udah di copy lhoo materinya… makasih ya pak
wassalam…..

25 09 2010
aris63

@chamidah : sama2 smoga bermanfaat

22 09 2011
ihsan wicaksono X TKJ 2

permisi pak numpang sedot…

27 09 2011
aris63

silahkan

22 09 2011
qonitah

Dicariin artikelnya ternyata d sni…🙂
Alhamdulillaah ketemu

(Qonitah Jilan Syafrida-X MM)

27 09 2011
aris63

dari dulu disini az kog… ga usah dicari ….pungut az……..

22 09 2011
qonitatul hasanah X MM

assalamualaikum pak , saya Qonitatul H kelas X MM saya suda copy tugas.a .
makasih bapak ?

27 09 2011
aris63

sama2

22 09 2011
Erisda Syafaruddin X MM

saya Erisda Syafaruddin kelas X MM terima kasih pak blog nya sangat membantu

27 09 2011
aris63

sama2…moga brmanfaat…….

22 09 2011
Qonitah Jilan Syafrida X MM

makasih Pak…🙂

Qonitah Jilan Syafrida X-MM

22 09 2011
Intan Ekawati .C X MM

Makasih pak
Intan Ekawati .C X-MM

27 09 2011
aris63

apanya…???

22 09 2011
Riyuk Diki Stayontheline

Pak ane muhib cendekia(X-MM)
sya izin copas eahh pakk………………….

keep respect and unity for all

27 09 2011
aris63

please……..

22 09 2011
Serly Nagh D'usher

serly novela X MM

27 09 2011
aris63

napa serly

22 09 2011
Rizqi Amalia

assalamualaikum pak…saya RIZQI AMALIA dari jurusan 10 MM sya sudah download materi ini pak…trimkasih .

27 09 2011
aris63

wass………sama2

23 09 2011
dharma

pak sya surya darma siswa XMM,

27 09 2011
aris63

ya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s